Langsung ke konten utama

Indonesia : Sampai akhir menutup mata



Terkejut sekaligus sedih mendengar cerita temanku bahwa di sekolah anak temannya yang berstatus internasional itu tak ada lagi upacara bendera, tak ada lagi dinyanyikan lagu daerah, lagu wajib. Bahkan dia pun tak tahu apakah masih berkumandang lagu Indonesia Raya.

Terkenang dulu saat masih di sekolah setiap senin pagi kadang bahkan sering merasa "malas" mengikuti upacara bendera namun selalu bangga saat melihat Sang Saka Merah Putih berkibar dan mendengar lagu kebangsaan kita dinyanyikan bersama-sama.

Akankah anak-anak sekarang itu akan mengetahui indahnya lagu wajib seperti rayuan pulau kelapa, Indonesia pusaka dan akankah mereka tahu lagu daerah seperti buka pintu, yamko rambe yamko dan begitu indahnya perbedaan dalam persatuan.

Akankah mereka memiliki rasa bangga saat melihat Merah putih berkibar atau hanya euforia "Garuda di dadaku" saja yang dinyanyikan oleh Netral tanpa merasakan "sesuatu" saat menyanyikannya.

Dan tiba-tiba saja lirik lagu Ibu Pertiwi membuatku terhenyak
Kulihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matamu berlinang
Mas intanmu terkenang

Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang susah
Merintih dan berdoa


Sebegitu merosotkah nilai kecintaan pada negeri tercinta ini, sebegitu dijajah oleh budaya baratkah negeri kita yang kaya ini hingga nilai dasar kecintaan pada negara pun terkikis.

Mungkin mereka akan bingung melihat Susi Susanti yang meraih emas Olimpiade dan menangis haru saat Indonesia Raya dikumandangkan dan mereka mungkin pun akan bingung melihat kita yang begitu bangga dan meneteskan air mata pula saat melihat perjuangan Susi untuk negeri yang berakhir indah menaiki podium satu dan melihat sang Merah Putih di puncak tertinggi.

Akankah mereka merasakan kebanggaan dan haru yang sama saat Indonesia Raya dinyanyikan oleh puluhan ribu orang serentak di dalam Stadion kebanggaan kita.

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata


Entah, mungkin bagi generasi tersebut Indonesia hanyalah sebuah nama. Tapi bagiku Indonesia akan menjadi rumahku, kebanggaan dan tumpah daraku.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manchester United BPL Fixtures 2010/2011

Finally...here's the fixtures. And definietly we had a big rock in our 19th title road. Hopefully everything is ok...can't wait to see United grab their 19th BPL title. August 14 Newcastle (H) 21 Fulham (A) 28 West Ham (H) September 11 Everton (A) 18 Liverpool (H) 25 Bolton (A) October 2 Sunderland (A) 16 West Brom (H) 23 Stoke (A) 30 Tottenham (H) November 6 Wolverhampton (H) 10 Man City (A) 13 Aston Villa (A) 20 Wigan (H) 27 Blackburn (H) December 4 Blackpool (A) 11 Arsenal (H) 18 Chelsea (A) 26 Sunderland (H) 28 Birmingham (A) January 1 West Brom (A) 4 Stoke (H) 15 Tottenham (A) 22 Birmingham (H) February 1 Aston Villa (H) 5 Wolverhampton (A) 12 Man City (H) 26 Wigan (A) March 5 Liverpool (A) 19 Bolton (H) April 2 West Ham (A) 9 Fulham (H) 16 Newcastle (A) 23 Everton (H) 30 Arsenal (A) May 7 Chelsea (H) 14 Blackburn (A) 22 Blackpool (H)

Selamat jalan mas Herwin...A tribute to a best friend of mine...

(from left : Ami, Mas Herwin and Alsep) Last wednesday on february 2nd, 2011 i lost one of my best friend mas Herwin. Like a thunder it ruin my heart and i just can't hold my tears. He was a best friend, a brother and we used to talk about United. His wife Ami is a dear friend of mine. Diagnosed cancer by doctors, mas Herwin struggling to survive. He's a quiet person but once he talked, he will never fail to made you laugh. A true ManUnited supporter with his wifey and son Kenan. I always wanted to have a little family like they had and full of United like them. Imagine, when the seasons get started, they will busy search for the schedule and when they got it they will spread to their family and said that they cannot be disturbed hahaha...what a family! They are romantic couple and it's sad to see the romance has ended...And now the trio has become a duet,that's what my dear Ami said and although she tried her best not to grieve and looks tough, i know that deep i...

Another draw result! can't you believe it?

Ow my dear God...it's torturing to see the result 2-0 and then it turns out to be a draw again...i just can't believe what i've seen! No..no way jose! it is just a dream and am gonna wake up *sigh* But as i said, when we support United we don't care win lose or draw we just support United but of course there will be a lil critism when they play badly. And this time everything looks like its gonna be ok when United leading 1-0, 2-0 but suddenly wesbrom has found their way to bounce back and with VDS blunder the score stay at 2-2. And the worse of it all is when the "so called" United fans suddenly burst out "Edwin made stupid mistake like Green" arghhh at that point my heart aching. WE, MAN UNITED SUPPORTER WILL ALWAYS SUPPORT UNITED WHATEVER THE RESULT! and for God's sake, VDS has always been and always will be our heroes despite the fact that he made blunder. One time and can erase all the saves he made for United? i don't think so....