Langsung ke konten utama

obrolan tentang euro dan temanku yang malang

akhirnya portugal, kroasia, belanda,spanyol memastikan diri melangkah ke perempat final euro 2008. pertarungan masih belum berakhir dan potensi kejutan masih terjadi. jerman yang digadang-gadang sebagai calon kuat ternyata masih harus fight di pertandingan terakhir melawan tuan rumah austria. sungguh mengejutkan, mereka bermain di bawah form..apa mungkin mereka menganggap kroasia sebagai lawan yg enteng? arogansikah yg bicara? jika itu terjadi akan sangat disayangkan tapi sesungguhnya itu akan membuat perempat final akan seru. jika jerman end up sebagai runner up group b tentunya akan bertemu portugal...hmmm what a game!

grup c tentunya yg paling menarik. 3 tim masih berpeluang lolos dan akan bersaing ketat. dan yang membuatku duduk tenang menyaksikan game grup c ini adalah permainan indah dari belanda yang bisa membuatku tersenyum. their back! mereka bermain seakan tanpa cacat. sepakbola menyerang yang indah, passing kaki ke kaki dan umpan yang mengagumkan dan gol yang luar biasa!

bicara tentang belanda, sebelum pertandingan belanda - italy aku dan temanku sempet ngobrol dan ternyata dia menjagokan italy. aku tanya kenapa? dan jawabannya adalah mereka juara dunia dan penuh pemain bintang dan jika taruhan dia akan memegang italy menang tipis. aku pun tersenyum dan ketika ditanya siapa yang aku dukung di game belanda - italy, aku dengan yakin menjawab BELANDA. italy mungkin juara dunia namun mereka sedang menurun dan champions league kemarin? hanya roma yang bisa membawa nama italy. nama besar bukan jaminan toh? akhirnya aku yang tersenyum karena belanda menghempaskan italy.

aku merasa temanku ini sangat tidak menyukai belanda (sorry mate!) karena game berikutnya ketika belanda melawan perancis kembali dia bertanya dan kembali aku menjawab belanda. dia pun berdebat dengan penjabaran lini per lini dan betapa seimbangnya perancis dan dia juga berkata kemenangan belanda atas italy masih diragukan karena tanpa cannavaro jadi masih belum teruji. tapi aku pun tetap kekeuh dengan belanda dan aku yakin belanda mampu menembus pertahanan perancis. dan ketika gol pertama lewat corner bahkan temanku itu masih berkata "just lucky...dari bola mati" ketika gol demi gol terjadi, akhirnya aku yang kembali tersenyum dan temanku ini hanya bisa berkata "sial!..kalah lagi, gw lupa ada robben dan van persie" hehehe...memang robben dan van persie tampil luar biasa (aku pun terkesima dengan gol robben yang menurutku gol yang magnificent!) namun belanda adalah keseluruhan tim. lihat ooijer yng fight di pertahanan, van bronckhorst yang seakan tanpa lelah, mathijsen dan boulahrouz yang membuat belanda semakin kuat di belakang.

di lini tengah sneijder(pemain dengan kemampuan luar biasa!), de jong, van der vaart adalah komposisi Luar Biasa *entah berapa kali sudah kuucapkan luar biasa hehehe* dan di lini depan kuyt, van persie, dan van 'the man' nistelrooy menjadi momok bagi pertahanan lawan!

memang mereka pemain luar biasa dan tapi bagiku di belanda, elemen terpenting adalah MARCO VAN BASTEN! pelatih muda yang luar biasa *kembali kata luar biasa hadir =D * visinya dan ketegasannya serta kejeliannya membaca permainan membuat belanda makin solid. ketika game melawan perancis, dengan jeli van basten menggantikan orlando engelaar dengan robben. dan seperti bisa kita lihat hasilnya benar2 seperti bom yang meledak. robben yang mengalami musim tidak terlalu baik di madrid karena didera cidera yang selalu menghantuinya (dalam kamusku dia pemaih hebat namun ringkih) tampil dengan akselerasi yang luar biasa tinggi dan akhirnya berbuah gol dan juga jgn lupakan assistnya.

akhirnya pun gol2 indah yang terjadi. dibuka dengan kuyt dari corner, van persie yang masuk sebagai pemain pengganti pun ikut dalam keriaan gol. robben dengan gol luar biasa yg menunjukkan kualitas dan pembuktiannya. sneijder pun melengkapi permainan indah belanda dengan gol cantiknya.

satu lagi faktor yang membuat belanda kuat adalah penampilan Van Der Sar yang menenangkan di bawah mistar. dia dalam kondisi terbaiknya setelah membawa United meraih double musim ini!

di rumah, dengan mengenakan jersey perancis (walaupun bukan pendukung perancis tapi aku membelinya krna jersenya menurutku bagus hhehee) aku kembali tersenyum lagi melihat keindahan belanda. aneh juga rasanya memakai jersey perancis tapi mendukung belanda di game itu hahahahaha tapi kemenangan terasa manis!

dan menurutku di euro 2008 ini belanda layak menjadi kandidat juara dengan permainan solid dan disiplinnya.


rumania, tim kuda hitam dengan defense yg kompak akan mencoba peruntungannya melawan belanda yg sudah lolos. akankah belanda akan memberi kemenangan? tentunya kita tidak mengharapkan itu karena jika ada yg akan lolos tentunya harus dilalui dengan perjuangan. itali dan perancis, what can i say? juara bertahan itali memang bermain lebih baik dibandingkan melawan belanda, tapi mereka benar2 terjepit kali ini. dan perancis sebagai lawan terakhir mereka walaupun kalah dari belanda tapi terlihat mereka lebih bisa membuat peluang dibandingan italy. dan kini semua tinggal bergantung pada rumania. jika rumania menang tentunya selamat tinggal harus kita ucapkan pada juara dunia dan mantan juara euro...tapi semuanya masih mungkin terjadi. dalam pandanganku seharusnya belanda tetap bermain maksimal (wlaupun kemungkinan tanpa beberapa pemain kunci). dan aku masih berpegang pada prediksi awal yang akan lolos belanda dan perancis hehehe

di group D, tidak ada kejutan dari juara bertahan yunani yang tersingkir. mereka tidak survive. kuda hitam swedia akan saling bunuh dengan rusia di pertandingan terakhir. rusia...tim yang dilatih oleh pelatih gus hiddink yang menyukai permainan menyerang. mereka bisa menjadi kejutan. namun ketergantungan mereka pada pavyluchenko bisa menjadi bumerang.
bicara mengenai roman pavyluchenko, pemain ini benar2 eye catching. muda, bertenaga dan mampu membuka celah seperti torres (hmmm dari sisi wajah juga agak2 mirip hehehe) bahkan di pertandingan melawan yunani, walaupun tidak fit dia tetap dipaksakan dan tetap bermain bagus. sayang dia tidak dapat mengkonversi peluang yang begitu banyak menjadi gol. apakah karena tidak fit?

oiyah ada cerita lagi mengenai temanku si pendukung italy dan perancis itu. dia kembali bertanya padaku yunani melawan rusia siapa yg akan menang dan aku menjawab rusia. dia pun kembali beragumentasi denganku dan membela yunani. dia yakin walaupun di pertandingan awal yunani kalah tapi tidak mungkin kalah dari rusia yang kalah juga dipertandingan awal melawan spain dan bahkan dia mengataiku gila karena mendukung rusia.bagaimanapun katanya yunani juara bertahan... akhirnya temanku yang malang ini kembali menelan kekalahan.

dan akhirnya kali ini performa yang excellent dari spain. sungguh mereka membuatku juga excited menontonnya. satu hal yang aku lihat, kemampuan torres (terlepas dari dia seorang liverpool dan aku pendukung united) membuka ruang sangat sangat luar biasa. seakan dia mampu menyihir para pemain bertahan lawan untuk menempel semua dan dengan tenang dia akan memberikan passing2 indah berbuah gol. sungguh pemain luar biasa!

david villa, musim ini di valencia dia tidak mampu mengangkat performa timnya namun entah kenapa villa selalu bersinar dan jadi bahan pembicaraan di setiap turnamen. aku jadi berpikir, kenapa dia tidak bisa seeksplosif itu di klubnya seperti di timnas, apakah mungkin dia belum menemukan tim yang cocok dgn gaya bermainnya? pemain dengan talenta luar biasa. dan duetnya dengan torres sangat sangat berbahaya. dan aku pun dengan senang melihat betapa kompaknya mereka. bahkan ketiga fabregas memberi assist pd villa, yang dihampirinya ketika berbuah gol adalah torres yang sudah ada di bench...ahh sungguh pemandangan yg indah! dan terakhir bahkan villa mencetak gol penting di pertandingan ketat melawan swedia.

dan satu pemain lagi yang menarik dari spanyol ada senna, pemain spanyol asal brasil. permainannya membuat spanyol menjadi seimbang. fabregas pun mampu membuktikan dia bisa bersinar di turnamen besar, tidak hanya di arsenal saja.

mengenai casillas, dia menunjukkan dia pantas menjadi kiper nomor satu spanyol!

spanyol kali ini lebih solid, lupakan semua keeksentrikan aragones yang cenderung melawan opini publik dengan tidak memanggil raul. mungkinkah tanpa raul spain akan melangkah lebih jauh dari perempat final? apakah benar tanpa raul spanyol akan terlepas dari kutukan perempat final?

selama ini memang spanyol menjadi tim unggulan di turnamen besar namun selalu gagal di perempat final. entah faktor apa yang selalu mengganjal mereka melangkah lebih jauh. tapi aku sempat berpikir bahwa mungkinkah rivalitas kuat antara klub2 spanyol seperti madrid dan barca membuat walaupun mereka tim kuat tapi seakan membuat jarak antar pemain? seperti inggris, tim jagoanku yang tidak lolos kualifikasi euro hix2

namun kali ini spanyol datang dengan tim yang lebih harmonis dan euro kali ini akan menjadi ajang pembuktian apakah mereka memamg layak menjadi tim unggulan dan bukan tidak mungkin mereka akan mengakhiri kutukan perempat final =D

siapa yang akan menjadi juara? biarkan waktu yang akan menjawab...



Komentar

Efo Mee mengatakan…
yah, walaupun aq pendukung Itali, namun ku akui, permainan Belanda emang keren, pa lagi sekarang dengan banyaknya bintang2 muda di tim Belanda (Bandingkan ama Itali yg isinya tua tua semua :P), jadi jika seandainya Itali nggak lolos, Belanda boleh lah, tapi jangan lupa, masih ada spanyol :)
pokoknya mah, FoRzA ITALIA

Postingan populer dari blog ini

Dari ketinggian rindu

Barisan awan putih, pulau entah-apa-namanya, gunung dan lautan sejauh mata memandang, tentunya tak setiap saat bisa kau nikmati pemandangan luar biasa seperti ini tentunya sendiri, duduk memandang langit berwarna ungu biru dan putih yang seakan rainbow cake versi besar melalui jendela pesawat -setelah sebelumnya minta dipindahkan dari kursi tak berjendela yang sungguh menyiksa-. Jarak sungguh menyesakkan namun membuat rindu semakin bertumbuh dan tak sabar ingin bertemu. Sungguh rindu harus tetap ada karena tanpanya kita tak akan tahu kemana arah pulang. Dan dari atas ketinggian -yang entah berapa- biarkan semua keindahan yang memanjakan hati ini menuju rindu yang memanggilnya dari timur sana.

Surat untuk Bapak di atas sana

Maafkan lisa Pak Si anak bandel yang selalu saja tak mematuhimu Si anak keras kepala yang suka bikin engkau senewen Si anak yang lamban yang suka membuatmu kesal Maafkan lisa tidak bisa jadi seperti yang engkau harapkan Tanpamu aku terpuruk Duka ini tak kunjung selesai Tanpamu aku terjatuh Dari ketinggian semua dan langsung mencium tanah Semua gelap Semua berputar begitu cepat Semua begitu kelam Lisa kangen Pak, Kangen ditelponin dan ditanya lagi di mana Kangen ditelponin dan ditanya lagi ngapain, mau ke sini ga, Nyipa ada beli makanan untuk kamu Kangen ngobrol kita di akhir pekan, hanya engaku dan aku duduk menghadap tv dan mengobrol, mengomentari tv Kangen jalan bareng kita entah itu ke Mall atau Pasar Kangen kita makan bakmi berdua dan engkau selalu tidak bisa habis satu mangkok dan selalu aku yang menghabiskan Kangen nyetirin Nyipa belanja ke toko buah dan ke kota, ditunjukin tempat tempat yang biasa engkau lalui Kamu yang selalu bilang lisa bisa Tapi lisa g

Owen???...Apa yang dipikirkan SAF?

Sama sekali tidak terbayangkan mendengar ada berita kalo Owen akan memperkuat United...what the hell is going on? Inikah kejutan United dan SAF??? kejutan yang tidak menyenangkan. Terlepas dari prestasi dan nama besar si pemuda Inggris ini, Apakah ga ada pemain lain selain si bocah yang dulu berbaju merah sebelah itu? gokilll...gagal di madrid, yahhh sebagian karena cidera dan kemudian di Newcastle tidak berhasil menunjukkan performanya..weww, yahh faktor terbesar penentangan saya selain dia dari merah yg lain, cideranya parah abis. Jangan sampai nanti sebentar main langsung cidera dan akhirnya tidak bisa bermain..whumfhh...di hari yang tidak menyenangkan, dapat berita tidak menyenangkan lagi...what a perfect bad day yaa =D Kalo berpikir positif..yah mungkin SAF mungkin menjalankan skema seperti dulu waktu membeli Sheringham atau meminjam Larsson dulu...yah mungkin yah..nggak tau juga karena masih menunggu hasil medis yang dilakukan oleh pihak MU (berharap Owen ga lulus ujian hehehehe